Senin, 08 Desember 2008

Adrenaline hater

Secara singkat adrenalin bisa didefinisikan sebagai berikut:

Adrenalin adalah sebuah hormon yang memicu reaksi terhadap tekanan dan kecepatan gerak tubuh kita. Tidak hanya gerak, hormon ini pun memicu reaksi terhadap efek lingkungan seperti suara derau tinggi atau cahaya yang terang. Reaksi yang kita sering rasakan adalah frekuensi detak jantung meningkat, keringat dingin dan keterkejutan. Reaksi ini dalam batas tertentu menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan, mungkin juga menjadi sebuah hobi hingga disebut adrenaline junkie.
sumber : sini

Oke, mulai cerita ya. Hari ini idul adha yang cukup berkesan buat gue, bener-bener deh belom pernah gue ngerasain idul adha dengan adrenalin yang terpacu kenceng. Awalnya sih biasa aja, agak garing malah, dimulai dengan bangun pagi kesiangan, so gue bablas ga sholat subuh, padahal congor speaker masjid jelas-jelas ngadep ke rumah kos gue, udah gitu ustad lokal mulai ngasih ceramah rutin buat bangunin orang, sumpah gue empet banget ama nih orang, dari jam 3 lewat lima belas menit PAGI, dia udah khotbah ngebangunin orang, dan isi khotbahnya itu, arrrrgggh, bikin gue berencana buat ngumpetin mic mesjid besok pagi, bayangin aja, tiap hari tuh isi ocehannya tuh sama, sampe-sampe gue apal banget. Kepada kaum muslimin dan muslimat, putrrrrra-putrrrrrri, mahasiswaaa-mahasiswiiiii yang ada di sekitar mesjid al barokah, kampung babakan lio rt 11 rw 02 baik yang berada di depan, dibelakang, samping kanan dan samping kiri masjid, waktu telah menunjukkan pukul 3.15 WIB, sedangkan waktu sholat subuh untuk hari senin 8 desember 2008 adalah jam 4 lewat 5 menit, sudah saatnya kita beranjak dari peraduan kita setelah semalaman kita tidur, marrrii kita bersama-sama bersiap-siap melaksanakan sholat fardu subuh berrrjamaah di masjid kita tercinta ini, yaitu masjid al barokah yang beralamat di kampung babakan lio rt 11 rw 02 kecamatan darmaga bogor, dan seterusnya-dan seterusnya.

Dari ceramah diatas sebenernya selain bikin mood gue jeblok pagi-pagi ada hal yang bikin gue bertanya-tanya setiap harinya hal yang pertama adalah: penting ga sih ngasih alamat mesjid ampe rt rw disebutin, emangnya warga disekitar mau rame-rame ngirim kado ulang tahun lewat tiki ato ESL?? ga sekalian aja kasi tau kode pos ama nomer telpon . Terus yang kedua, perlukah kata-kata puitis seperti peraduan, puterra, puterri digunakan, apakah ga ada kata yang lebih fangkeh?? yang ketiga kenapa huruf "r" nya harus dipanjang-panjangin?? apakah biar terdengar lebih sexy?? jujur dengernya aja bikin gue merinding. dan pertanyaan terbesar gue adalah, kenapa sih rajin banget masih jam tiga pagi udah ngebangunin orang?? padahal tuh orang pasti ngerti kalo yang tinggal di lingkungan situ ga cuma mahasiswa, tapi juga orang yang udah gawe, yang kadang baru jam 12 malem sampe rumah, kadang gue mikir, nih orang sebenernya pengen pamer atau apa sih?? kalo emang pengen nunjukin kalo dia itu alim ato kuat ibadah malem, toh ga perlu dengan cara kaya gitu, berkoar jam tiga pagi cuma nunjukin kalo nih orang bener-bener ga ada kerjaan, kenapa gue bisa bilang begitu?? soalnya beliau tuh nonstop satu jam ngulangin ceramahnya yang itu itu juga, dari kalimat pertama sampe terakhir terus diulang lagi terus diulang lagi, sampe jam 4 pagi, dan kalo gue denger di masjid laen tuh, jam setengah 4 baru ada yang bangunin orang, dan itu pun dengan cara bersholawat, yang jelas lebih enak didenger dan bikin kita berfikir bahwa islam itu indah ya, cara ngebangunin orang untuk sholat aja indah banget, lantunan shalawat, dan bacaan ayat suci al qur'an yang dipake bener-bener bikin sejuk hati, kata-kata penuh makna yang diperdengarkan buat ngajak kaum muslim beribadah. bener-bener bikin iman kita tambah kuat. Dan tidak dengan orang yang satu ini, pagi-pagi udah nyiksa orang dengan ngasih tau alamat masjid selengkap-lengkapnya, berulang-ulang satu jam nonstop. astaga. jujur gue suka dengan orang yang berbuat kebaikan, tapi ga suka kalo caranya salah. dan yang gue benci bukanlah ajakannya, tapi cara orang ini untuk mengajak, dan lama-lama gue kesel beneran ama orangnya

Untungnya gue ga ketinggalan sholat ied, sebenernya tuh jam tiga gue udah bangun gara-gara suara cempreng makhluk tuhan paling norax yang udah gue ceritain di atas, tapi gue mikir ah sholat subuh masih lama, jadi gue molor lagi. lagian juga kalo mau tahajjud pasti konsentrasi gue keganggu ama alamat mesjid, bisa-bisa do'a gue jadi ngaco, ya Allah berikan rizki yang berlimpah pada hambamu yang beralamat di kampung babakan lio rt 11 rw 02, astaghfirullah, ga sekalian aja gue beli perangko balesan. dan gue bangun tepat jam 6 pagi, gue pun langsung mandi dan siap-siap ke mesjid ( yah seengganya lo tau lah alamatnya), voila, pagi yang indah

Sehabis sholat ied, gue langsung ke kampus lagi, soalnya ada data yang mesti gue masukin, buat proyek salah satu dosen gue, dan itu belom gue selesain. di lab instrumen rupanya ada acara makan bareng, so gue pun menjadi layaknya jelangkung, datang tak diundang pergi tak diantar tapi ikut ngabisin makanan, maklumlah masih masa pertumbuhan (kumis ama jenggot maksudnya). setelah beres makan tiba-tiba ujan gede banget, damn. padahal gue janjian ama temen gue mau ke Citayam, kalo gue sih mau nganterin hasil input data gue, kalo temen gue mau nyerahin draft penelitian dia ke dosennya. gila dari pagi gue udah diteror sms supaya jangan lupa kalo hari ini mau ke Citayam, mulai dari "anton dah sms pa aris blm??", " anton jam satu ya", sampe "woi nyuk, utang gue udah gue bayar ya, awas lo nagih lagi, gue lepasin herder" (ups, yang terakhir dari debitor yang udah jatuh tempo, hehe) dan gue pun melangkah menembus hujan (lebay mode ON). ga ada yang istimewa dari keberangkatan gue, cuma rada kesel aja nungguin kereta ga berangkat-berangkat udah setengah jam lebih gue bediri, setelah itu juga ga ada kejadian aneh, gue nyampe dengan selamat dengan segala ketampanan yang gue punya (apa hubungannya coba??), setelah ngobrol dikit dengan Pa Aris dan ditawari daging kurban dan gue terpaksa nolak karena gue males masaknya, gue pun pulang, oh iya orang yang semangat banget smsin gue seharian takut gue ga jadi ternyata udah balik duluan sebelum gue nyampe. huh dasar dirimu mengerjai gue aja.

Pulangnya adalah saat petualangan ga penting gue dimulai. sampe stasiun Citayam gue beli tiket ekonomi biasa dengan tujuan bogor, ah stasiun ini bikin gue ga betah, sumpek banget, tapi mau ga mau gue mesti nunggu kereta dateng, akhirnya jam 18.30 ada pengumuman. jalur dua kereta ekonomi AC tujuan Bogor, ongkos 6000 rupiah, sekali lagi jalur dua kereta Ekonomi bla bla bla, otak kriminal gue berfikir, apa gue naek kereta ini aja ya, toh kalo udah sampe citayam biasanya tiket ga diperiksa lagi diatas kereta, tapi gue takut ketauan ah, ntar kena denda lagi, tapi ah gue udah males nih bediri di sini, terserah deh mau ketauan mau engga. akhirnya gue pun naek tuh kereta yang bener-bener bukan hak gue. Selama dalem perjalanan, terus terang gue takut ketauan, jantung gue dag dig dug, muka gue rada pucet, sambil ngelirik adakah petugas yang meriksa karcis penumpang, sampe bojong gede, ah aman, ga ada, sampe cilebut, ah aman juga tuh petugas malah ngobrol ama temennya, sampe bogor. VOILA selamat gue, senyum kemenangan jelas terpancar dari wajah gue yang gue yakin banget keliatan lega, layaknya seseorang yang berhasil buang hajat setelah tiga hari sembelit, dalem hati gue berfikir, gini ya rasanya ketekutan sepanjang jalan, rasanya ga enak banget, ngeri, campur was was campur deg degan, campur kaki jadi lemes, kata orang sih ini efek dari adrenalin, tapi suer setelah lolos dari kereta gue ngerasa bener-bener lega, lolos dari bahaya denda, dan gue ngerti sekarang kenapa banyak orang yang jadi adrenaline junkie, rasanya bener-bener ga bisa dikatakan deh, lo mesti rasain sendiri, gimana rasanya seolah lo bisa rasain seluruh aliran darah lo ngalir cepet ke arah jantung, sensasi yang aneh. gue ga suka, dan ini pertama kali gue berbuat curang di kereta, moga-moga ga ada kedua kali dan seterusnya. gue kapok.

Cerita belum selesai. setelah itu gue langsung ke mushola untuk sholat maghrib, yah berharap dosa gue make hak orang laen bisa keapus. setelah sholat maghrib, gue langsung cabut, petugas minta karcis dan gue kasih, tadaaa, gue dipanggil, dan kira-kira beginilah isi percakapan gue dan si bapak yeng siap-siap mau dapet objekan dari penumpang ga tertib : pn (petugas ngobyek), pn2(temennya petugas ngobyek), pn3 (temennya petugas ngobyek juga) , pg (penumpang ganteng a.k.a gue) v(^^

pn :mas, sini bentar, kamu naek ekonomi AC ya?
gue pun langsung acting pura-pura ngotot ga salah
pg : ya engga lah pak, saya naek ekonomi biasa, tapi saya tiduran sebentar di mushola
pn : ah jangan bohong kamu, saya dari tadi ke mushola ga liat kamu, lagian di mushola kan ga boleh tidur-tiduran
gue langsung mikir, gile hebat juga nih orang meratiin orang lalu lalang di mushola segitu banyak bisa apal
pg : loh bapak ga percaya, ayo kita ke mushola, saya buktiin kalo ada juga orang yang tidur beneran di sana (masih dengan gaya ngotot dan sewot sambil dag dig dug takut ketauan)
terus si petugas manggil temennya.
pn : pak, ini nih penumpang nakal
pn2 : sini
pn2 : oh, kamu naek ekonomi AC ya (pertanyaan standar)
pg : (ngotot), engga lah pak, saya juga masih tau aturan (padahal mah engga)
pn2 : terus kenapa ini tiketnya ekonomi biasa??
pg : ya kan saya naek ekonomi biasa tadi, saya nyampe sini sebelum maghrib, terus tadi sholat di mushola sekalian istirahat dan nungguin temen (gile alesannya banyak banget)
pn2 : jadi ga bohong nih??
pg : ya ampun pak buat apaan saya bohong
pn2 : iya saya ngerti, tapi jaman sekarang nih jarang orang yang jujur (anjrit, nyindir gue nih)
pn3 : (nyeletuk) makanya mas, harusnya tadi lapor dulu kalo mau nunggu orang, jadinya ga salah paham begini ( apanya yang salah paham coba?? emang gue yang salah kok, dasar aja guenya lagi geblek)
pg : iya deh pak, maaf, laen kali saya pasti lapor dulu kalo mau nunggu di sini
pn2 : oke, laen kali ati2 ya (sambil nepok bahu gue)
pg : iya pak, makasih (sambil ngeloyor pergi)
catatan : selama dialog dengan para petugas, kaki gue gemeteran, lemes, jantung gue deg-degan, takut. tapi ada rasa penasaran, pengen tau apa yang selanjutnya bakalan terjadi, asli rasanya ga enak banget, rasa senang sekaligus was-was jadi satu, rasa takut sekaligus penasaran, jadi satu juga, otak gue juga ga bisa berhenti mikirin apa yang mesti gue omongin berikutnya, dan juga gimana caranya bisa lolos dari situasi kaya gini. bener bener sensasi yang buat gue ga menyenangkan. i'm not adrenaline lovers

Ga berhenti di situ aja, sampe darmaga gue langsung ke lab lagi, ngerjain makalah, udah ga ada siapa-siapa lagi, di lab dan daerah sekitarnya, otomatis keadaan serem banget, ditambah lagi daerah sekitar lab sering ada penampakan (beneran,gue aja pernah diganggu). tapi karena waktu yang mepet untuk nyerahin makalah, gue pun keukeuh terus ke lab. sekitar jam 11 malem, blep. mati lampu. damn, gue langsung lari keluar, untung masih sempet ngonci pintu. lagi-lagi adrenalin dan sensasinya yang ga menyenangkan itu menyerang lagi. tapi untungnya gue ga kenapa-napa. god. thanks to you, gue janji ga bakalan lagi maen curang buat keegoisan gue sendiri

Tidak ada komentar: