Jumat, 22 Februari 2008

Mencela dan Mencemooh

Kita semua pasti pernah mencela dan mencemooh sesuatu di sekitar kita, apa aja, entah itu hewan, tumbuhan, orang lewat, bahkan tempat sampah, yah buat sebagian orang, mencela itu udah ga bisa lepas dari kehidupan sehari-harinya, tapi kenapa sih kita harus saling cela satu sama lain, okelah kalo bahan celaannya ga alami, seperti misalnya kita mencela betapa joroknya gaya hidup seseorang, dengan sampah berserakan di rumahnya lengkap dengan kotoran hewan peliharaannya dan hal-hal berbau lainnya yang berhamburan disekitarnya itu masih bisa ditolerir, tapi kenapa sih terkadang kita menghina sesuatu yang seharusnya ga boleh kita cela, misalnya aja kalo ada orang dengan kaki cacat atau mata ga bener di krl ekonomi jurusan bogor-kota, gue ngerasa iu semua kan bukan maunya mereka untuk jadi cacat seperti itu, yang perlu dicela tuh kelakuan orang yang mengeksploitasi mereka untuk ngedapetin keuntungan pribadi, yah seorang idiot yang egois yang gue rasa ga percaya sama hukum karma, atau ketika kita ngeliat ada anak kucing belekan dengan koreng dimana-mana, jujur aja terkadang gue bilang yaks jijik banget sih si belek, tapi begitu gue sadar biasanya gue langsung istighfar, karena toh gue sendiri ga bisa bikin kucing beneran walaupun yang belekan sekalipun.

Jadi sebenernya boleh ga sih mencela dan mencemooh itu, kalo menurut gue pribadi sih (mode sotoy: on) ga masalah kita mencela atau mencemooh sesuatu selama yang kita cemooh iu hasil perbuatan yang disengaja, seperti misalnya lo boleh kok ngatain orang jorok kalo ngeliat dia buang sampah sembarangan, atau wajar banget kalo bilang idiot ke orang tua yang nyuruh anak-anaknya buat ngamen atau minta-minta di jalanan, bukannya anak disuruh sekolah yang bener biar jadi orang yang berguna buat orang lain ini malah nyuruh anaknya jadi sampah masyarakat, idiot kan namanya. Dan tentu aja kita ga boleh mencela kekurangan seseorang yang memang udah dari sononya begitu, lo ga boleh menghina orang dengan IQ kurang dari 20 aja, karena kalau misalnya dia bisa milih gue rasa dia ga bakalan mau jadi orang dengan IQ rendah, atau seperti gue bilang tadi kalo misalnya lo liat anak kucing belekan lo ga boleh serta merta nimpuk tuh kucing dengan sendal jepit bulukan milik lo, kecuali tuh kucing udah nyolong makanan yang bukan haknya. Lagian juga banyak lo orang cacat yang bisa sukses mengukir prestasi, liat aja acara olimpiade khusus orang cacat, di situ lo bakal liat orang-orang dengan semangat hidup sangat tinggi, bahkan terkadang lebih tinggi dari pada orang normal yang kadang bunuh diri gara-gara cintanya ditolak, alamaak kaya cewe di dunia cuma satu doang.

Ya udah deh segitu aja bahasannya, lama-lama kering ide gue

Tidak ada komentar: