Kamis, 29 November 2007

Bahasa Inggris?? Penting Ya??

Seneng ngomong inggris?? seneng dong, kenapa engga, dengan bahasa inggris halaman website seseorang bisa terlihat lebih gaul, dan trendi, yah walaopun pas mau ngisi testi ato komen beberapa orang masih bingung, kalo ngomennya pake bahasa indonesia kira-kira bisa nongol ga ya?? kadang juga beberapa orang bertanya-tanya apakah si dia mengerti apa yang gue tulis ya?? (soalnya nulisnya pake font wingdings).

Maka dari itu di sekolahan kita diajarin bahasa inggris, biar ga malu-maluin kalo ketemu bule, ketemu pak le, eyang kakung ato eyang putri, eh sori yang gue maksud tuh bule luar negeri, (timor timur juga luar negeri lho). ato kita juga ga malu-maluin kalo ketemu orang barat di dalem angkot (miskin banget, bule naek angkot), kita bisa bertegur sapa dengan si bule dengan ramah, hai mister just give me your money or i'll cut your troath, gile gue jamin tuh bule bakalan terperangah dengan keramahan dan sopan santun kita. lagi pula ada lho orang indonesia yang gara-gara gede di luar negeri jadi ga bisa ngomong pake bahasa indonesia, contohnya si cecep (penjual madu di IPB), dia gede di baduy dalam, pas gue ajak ngomong indonesia malah cengar cengir jorok aja, padahal gue mau beli madu dua botol, nah rugi kan lo cep?? trus apa hubungannya ama bahasa inggris?? ya jelas ada lah, gue ama si cecep kan ga bisa ngomong inggris, eh bisa ding. inggris, inggris, tuh kan bisa hehe. eh maksud gue tuh ga bisa berbahasa inggris dengan benar.

Sebenernya seberapa penting bahasa inggris itu?? kalo kata si joni, tukang mie ayam di depan warnet, bahasa inggris tuh penting banget, apalagi kalo lo nonton DVD bajakan yang textnya nongol setengah jam sekali, yah ada benernya juga sih, udah gambarnya ga jelas, ada orang lewatnya, udah gitu ga ada text, rasanya pengen gue gue timpukin ke vokalisnya kangen band aja tuh pelem.

Kenapa tiba-tiba gue menulis tentang pentingnya berbahasa inggris?? soalnya gue pernah baca blog yang menghujat bloger lainnya yang bahasa inggrisnya masih rada kacau, asli blog si penghina itu bener-bener hina, dalam artian nothing special at all, kalo lo baca sampe abis tiap postingnya, gue jamin lo bakalan sial tujuh turunan, trus turunan lo yang ketujuh juga bakalan sial tujuh turunan lagi, isinya blognya cuma gimana dia benci sama si A, ato gimana dia dongkol ama si B dan juga gimana caranya bales dendem ama si C, dan dalam bahasa inggris yang artinya wallahua'lam bishowab (cuman ALLAH yang ngarti). gimana dengan blog yang dihina?? asli kacrut banget, jadi pengen boker liatnya, tapi tetep aja kita ga berhak menghina orang lain gara-gara bahasa inggrisnya ancur, terserah dong lo mau nulis apa di blog lo sendiri.

Kenapa gue yang sewot?? apakah yang dihina itu adalah blog ini?? ya engga lah, blog ini kan pake bahasa indonesia udah gitu sesuai EYD lagi (Ejaan Yang Diedit sendiri), toh kalo ada bahasa inggrisnya cuman dikit, itu juga gue nulisnya udah liat kamus kok, jadi kemungkinan salahnya tinggal 90% aja. udah aja ya, bingung nih mau nulis apa lagi

3 komentar:

Anonim mengatakan...

bahasa inggris ?
honestly, sampai sekarang gw masih kacau balau sama yang namana tuh bahasa .. diajak ngomong siy ok .. tapi structure kacau n tiba-tiba kehilangan vocab .. buat gw udah biasa ... hehe

btw, thx dah comment di blog gw

Isman H. Suryaman mengatakan...

Penting sih. Tapi nggak lebih penting dengan bahasa Mandarin, Jerman, Belanda, Prancis, Spanyol, atau Jepang. Kuasai aja salah satu sebagai bahasa kedua, udah bisa jadi modal buat menghina orang diam-diam, hehe.

Kembali serius, emang bahasa Inggris terlalu dilebih-lebihkan sih sebagai "bahasa dunia". Karena toh di banyak negeri Eropa, justru malah dianggap sebelah mata. Prancis, misalnya.

Di sisi lain, menumbuhkan kebiasaan berbahasa yang benar (apa pun bahasanya) itu juga penting. Jadi kalau merasa bosan dan ngomong, "I'm boring". Atau nulis "Winner and Looser" besar-besar untuk spanduk acara, ya perlu rela diejek. Karena emang ngaco.

Terlalu banyak orang di Indonesia yang melakukan sebaliknya kok: mendiamkan orang yang salah berbahasa. Jadinya kebiasaan berbahasa keblinger itu meluas. Dengan mengejek, kita menciptakan budaya malu berbahasa keblinger. Dengan syarat, saat kita sendiri keblinger, ya rela diejek juga.

Celoteh Riang mengatakan...

@towet: saya juga kalo ngomong face to face masih blepotan, tapi kalo nulis sih alhamdulillah mmm blepotan juga |^_^|V

@isman: setuju aja deh